Blogging 101 · Nasihat Tentang Islam

DASHYATNYA ISTIGHFAR

Istighfar

Kalau kita merasa banyak dosa, maka salah satu kuncinya bahwa hati kita masih ada tanda kehidupan. Kalau ada manusia yg merasa tidak pernah berbuat dosa, maka tanda bahwa hatinya telah MATI.

Imam Ibnul Jauzi dalam Shaidul Khaathir mengatakan bahwa :
“HUKUMAN terberat suatu DOSA adalah perasaan TIDAK BERDOSA, karena “Merasa Tidak Berdosa” adalah kain kaffan yg membungkus hati ketika ia mati.” Alangkah bahagianya bila kita membiasakan diri selalu minta ampun kepada Allah SWT.

Bibirnya selalu basah dengan Istighfar mohon ampun kepada Allah sbg manifestasi menabung Amal Lisan setiap hari yg sudah terbiasa dilakukan dengan kalimat Thoyyibah.
Melafadzkan dan mengucapkan Istighfar dalam setiap waktu dan kesempatan baik dalam keadaan berdiri, berjalan, duduk dan terbaring.

Waktu terbaik mendawamkan lafadz Istighfar adalah saat di Waktu Sahur: “Saat di Sepertiga malam terakhir menjelang Sholat Shubuh”

ALLAH SWT memuji orang orang yg melakukan ” Istighfar bil as-haar, istighfar di waktu sahur.
Allah sampai menyebutkan dua kali dalam Al Qur’an. Hal ini menandakan betapa banyak fadhillah dan keutamaan, serta keistimewaan Istighfar di waktu Sahur ini. ALLAH SWT Berfirman:” Yaitu orang2 yg Sabar, yg benar, yg tetap taat, yg menafkahkan harta di jalan Allah dan yg memohon ampun di waktu sahur” (QS Ali Imran: 17). ALLAH SWT Berfirman:” Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar” (QS Adz- Dzaariyaat: 18).

Imam Hasan al Bashri memberi nasehat untuk memperbanyak istighfar: “Perbanyak istighfar di rumah, di jamuan, di jalan, di pasar dan majelis kalian.
Sebab kalian tidak tahu kapan turun ampunan” Ibunda Ummul mukminin Siti Aisyah pernah berkata: “Berbahagialah orang yg kelak menemukan banyak istighfar di dalam catatan amalnya” Lafadz Istighfar:

1. Astaghfirullaahal’ Adzhiim. Aku memohon ampun kepada Allah.”
2. Rabbighfirlii. Ya Rabb ampunilah aku”
3.Rabbighfirlii wa tub’ alayya innaka antat- tawwaaburrahiim…” Ya Rabb ampunilah aku dan terimalah tobatku, sesungguhnya Engkaulah Maha Penerima Tobat lagi Maha Pengampun.”

Istighfar juga akan menjadi wasilah dalam mencapai Kebahagiaan di dunia.
Rasulullah SAW bersabda:” Barang siapa perbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan :
* Jalan keluar dari setiap kesedihannya..
* Kelapangan dari setiap kesempitannya..
* Rezeki dari arah yg tidak diduga2″(HR Ahmad dari Ibnu Abbas, Sanadnya dinilai Shahih oleh Al- Hakim dan Ahmad Syakir).

Betapa agungnya amal yaumi ini, bila kita bisa mengamalkannya setiap hari. Memperbanyak istighfar berarti kita memperbanyak kebaikan dan solusi bagi setiap ujian dalam kehidupan kita di dunia yang fana ini.

kasmani
Kasmani Dollah

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s